Kamis, 31 Maret 2011

MARKISA UNGGUL / MARKISA MANIS SEMANIS KLENGKENG





Kalau dengar markisa hiiiiiiihhhhh rasanya masam sekali .......
Biasanya dipakai sirup segar sekaliii
Markisa rasanya masam itu dulu. Tapi Kini di PADANG, Sumatera Barat  MARKISA UNGGUL / MARKISA MANIS rasanya semanis klengkeng tidak percaya,,,,, setelah diuji tingkat kemanisan adalah 19 briks. Buah markisa pun dapat langsung disantap segar tanpa harus dijus atau diolah menjadi sirup untuk menghilangkan rasa masam ketika disantap.

Sangat Istimewanya lagi Passiflora edulis f. flavicarpa itu dibudidayakan di dataran rendah, 20–400 mdpl. Lazimnya markisa dikenal sebagai tanaman dataran tinggi lantaran sentra penanamannya banyak terdapat di dataran tinggi seperti Malinau, Gowa, Sinjai dan Brastagi yang berketinggian 800–1.400 m dpl.
Meski tumbuh di dataran rendah-menengah,tidak ada perlakuan khusus untuk membudidayakannya. Markisa baru itu bisa ditanam dengan dirambatkan pada para-para atau pagar pembatas atau dibuat tempat peneduh depan rumah seperti foto diatas atau bisa di halaman rumah.
Berbeda dengan markisa yang berasal dari Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan, markisa Sumatera Barat (Sumbar) mempunyai rasa manis, sehingga dikenal sebagai buah meja yang enak dimakan segar. Selain dimakan segar, dapat pula diolah menjadi sari buah dan sirup dengan aroma yang spesifik. Potensi dan pemasaran markisa manis Sumbar cukup baik, apalagi setelah ditemukannya dua varietas unggul baru oleh BPTP Sumbar, yaitu “Markisa Gumanti” dan “Markisa Super Solinda”.


Manfaat Kesehatan & Gizi Buah Markisa

    * Jus buah markisa mengurangi pertumbuhan sel kanker. Meskipun penelitian sedang dilakukan tentang masalah ini, fitokimia dalam jus buah yang dianggap menghambat pertumbuhan sel kanker.
    * Asam fenolik dan flavonoid hadir dalam buah yang seharusnya memiliki fungsi melindungi jantung.
    * Profil fenolik buah ini dikenal aktivitas anti-mikroba.
    * Markisa merupakan sumber antioksidan yang baik, baik yang larut air larut dan lemak.
    * Buah Passion dianggap baik untuk produk yang membutuhkan pasteurisasi.
    * Buah ini cukup tinggi di karbohidrat dan gula sederhana, yang meningkatkan kinerja atletik.
    * Ini mengandung sterol, yang membantu dalam menurunkan kadar kolesterol.
    * Buah Gairah adalah suatu reservoir vitamin C, vitamin A dan Kalium.
    * Benih buah merupakan sumber
serat yang sangat vital 

Markisa manis

Markisa Sumbar adalah markisa jenis konyal (Passiflora ligularis). Markisa jenis ini mempunyai bentuk bulat lonjong, buah muda berwarna ungu hijau dan buah masak berwarna kuning tua dengan rasa buah manis menyegarkan. Aroma tidak terlalu menyengat tetapi spesifik. Sedangkan markisa yang banyak ditanam di Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan adalah jenis siuh (Passiflora edulis). Markisa jenis siuh juga mempunyai bentuk buah bulat lonjong, buah muda berwarna hijau tapi yang masak berwarna coklat ungu, dengan rasa buah asam segar dan beraroma harum.
Markisa manis merupakan salah satu komoditas unggulan Kabupaten Solok Propinsi Sumbar. Banyak ditanam di lahan kering di Kecamatan Pantai Cermin, Lembah Gumanti, Payung Sekaki, Lembang Jaya, Danau Kembar dan Gunung Talang. Daerah ini merupakan wilayah dataran tinggi dengan ketinggian 900-1.600 mdpl, topografi bergelombang dan berbukit. Curah hujan tinggi (tipe iklim B), yaitu 2.500-5.250 mm/tahun. Suhu udara 14-28 oC dengan kelembaban 85 %.
Total jumlah tanaman markisa manis di Kab. Solok pada tahun 2008 mencapai 1.474.292 batang (± 3686 ha) dengan produksi 118.098,50 ton. Pemanfatan masih terbatas sebagai buah yang dimakan segar. Pemasaran sebagian besar ke Jakarta, Jawa Barat, Riau, Jambi dan Medan dan sebagian kecil di dalam propinsi, terutama di sekitar sentra produksi, karena kawasan sentra produksi markisa manis juga merupakan daerah wisata danau kembar yang banyak dikunjungi wisatawan.
Untuk mendukung pengembangan komoditas markisa manis, BPTP Sumbar bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Solok telah melakukan serangkaian pengkajian, dari hulu sampai hilir yang meliputi aspek pembibitan, budidaya, pasca panen dan pengolahan hasil serta aspek sosial ekonomi.

Varietas Unggul Baru

Eksplorasi peneliti BPTP Sumbar telah menemukan dua jenis markisa unggul baru yang belum dikembangkan oleh petani, yaitu markisa bunga putih dan markisa bunga ungu super. Kedua jenis markisa yang ditemukan di desa Air Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok ini telah dilepas dengan nama “Markisa Gumanti” untuk markisa bunga putih dan ”Markisa Super Solinda” untuk markisa bunga ungu super.
Dibandingkan dengan markisa manis biasa yang banyak dibudidayakan petani, Markisa Gumanti mempunyai potensi hasil lebih besar, penampilan buah lebih menarik, kulit buah mulus, warna kuning mengkilap, rasa lebih manis dengan kandungan gula 9,14 %, aroma lebih harum, ketahanan simpan lebih lama, serta tahan terhadap bercak kulit. Sedangkan Markisa Super Solinda mempunyai ukuran lebih besar (7-8 buah/kg), rasa buah lebih manis lagi dengan kandungan gula 10-12 %, sari buah lebih banyak, dan kulit buah lebih tebal sehingga aman untuk transportasi jarak jauh.
Bagi warga perkotaan yang berlahan terbatas, markisa bisa ditanam di dalam pot dengan merambatkan pada rangka bambu yang ditancapkan di sekeliling pot. Buah matang berwarna ungu dengan semburat kuning pada pangkal buah.
Tanaman asal setek akan berbuah pada umur 4 bulan setelah tanam sedangkan dari biji sekitar 6 bulan.

Nilai Kandungan Gizi Markisa per 100 gram.

(Sumber: USDA National Nutrient data base) Prinsip Nilai Gizi Persentase AKG
Energi 97 Kcal 5%
Karbohidrat 23,38 g 18%
Protein 2,20 g 4%
Total Lemak 0,70 g 3%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat Diet 10,40 g 27%
Vitamin
Folates 14 mcg 3%
Niacin 1,500 mg 9%
0,100 mg pyridoxine 8%
Riboflavin 0,130 mg 10%
Thiamin 0,00 mg 0%
Vitamin A 1274 IU 43%
Vitamin C 30 mg 50%
Vitamin E 0,02 mcg <1%
Vitamin K 0,7 mg 0,5%
Elektrolit
Sodium 0 mg 0%
Kalium 348 mg 7%
Mineral
Kalsium 12 mg 1,2%
Tembaga 0,086 mg 9,5%
Besi 1,60 mg 20%
Magnesium 29 mg 7%
Fosfor 68 mg 10%
Selenium 0.6 mcg 1%
Seng 0,10 mcg 1%
Phyto-nutrisi
ß-karoten 743 mcg -
Crypto-xanthin-ß 41 mcg -
Lycopene 0 mcg - 

Sumber : http://www.sinartani.com/ dan http://eemoo-esprit.blogspot.com
 Info tentang bibit ada dibawah ini.


Celebrity Nursery:
Jl. A.R.Hakim no. 49 Surabaya

HP: +6281.2300.9349  
Sedia pohon Tin, Zaitun & pohon langka
http://www.tanamanzaitun.blogspot.com/
http://www.buahtin.blogspot.com/

1 komentar:

  1. bagaimana kami mendapatkan bibit Markisa Super Solinda ini? mohon penjelasan dg harganya. terimakasih

    BalasHapus